0

Perilaku Konsumen ( Bab 1-2 )

Posted by Ahmadsyafii003 on 05.39 in

Indah Resmiati

Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (http://kshe.fahutan.ipb.ac.id)
Fakultas Kehutanan (http://fahutan.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)



Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Department of Family and Consumer Sciences (www.ikk.fema.ipb.ac.id) 
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)



Prof Dr Ir UJANG SUMARWAN, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id,www.Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc




Kuliah Jum’at pagi 13-02-2015
            Perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan atau perilaku serta proses psikologis ketika, sebelum dan sesudah membeli produk. Dimensi penting perilaku konsumen adalah motivasi konsumen menggunakan suatu produk tertentu. Terdapat 2 macam konsumen; konsumen individu dan konsumen kelompok. Prespektif perilaku konsumen ada 3; pengambilan keputusan yang dilakukan secara rasional, experiensial yaitu mengambil keputusan secara emosi yang diinginkan dan pengaruh behavioral yaitu dipengaruhi oleh faktor luar.
            Mempelajari perilaku konsumen dengan cara melakukan studi perilaku konsumen. Sejarah disiplin perilaku konsumen adalah tentang ekonomi, ekonomi umum membahas apabila harga naik permintaan akan turun, sedangkan dalam ekonomi perilaku konsumen, meskipun harga naik, produk yang disukai akan tetap dibeli.
            Pihak yang harus mempelajari perilaku konsumen adalah pemasar, pegiat pendidikan dan perlindungan konsumen, pemerintah dan anggota legislatif. Tahapan model keputusan konsumen adalah pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian dan kepuasan konsumen. Faktor yang mempengaruhi proses keputusan konsumen yaitu strategi pemasaran, perbedaan individu dan faktor lingkungan.
Dampak pengambilan keputusan yang baik adalah perumusan strategi pemasaran, perumusan kebijakan publik untuk melindungi konsumen dan perancangan pendidikan konsumen yang lebih baik. Terdapat 8 pengaruh terhadap keputusan konsumen yaitu motivasi, kepribadian, konsep diri, pengolahan informasi serta persepsi, proses belajar, pengetahuan, sikap dan agama.
            Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen. Kebutuhan muncul karena ada kesenjangan yang akhirnya melakukan tindakan untuk memenuhi kebutuhan. Terdapat 2 faktor yang dirasakan konsumen yaitu faktor diri sendiri dan faktor dari luar.
            Kebutuhan ada 2 macam yaitu kebutuhan primer untuk bertahan hidup dan kebutuhan sekunder untuk penambah saja. Seorang konsumen harus memiliki tujuan dan tindakan untuk memenuhi kebutuhannya. Teori kebutuhan ada 5 yaitu aktualisasi diri, kebutuhan ego, kebutuhan sosial, kebutuhan rasa aman dan kebutuhan fisiologis. Sedangkan teori motivasi McClelland ada 3 yaitu kebutuhan sukses, kebutuhan afiliasi dan kebutuhan kekuasaan. Dua aplikasi penting dari teori motivasi adalah segmentasi dan positioning.



Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.




0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Inrea's Note All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.